(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

UPT Puskesmas Buleleng II Dinilai Tim Provinsi Bali

Admin dinkes | 23 April 2019 | 1446 kali

Menjadi salah satu upaya Pemerintah dalam pembangunan bidang kesehatan yakni dengan melaksanakan pelayanan kesehatan dasar melalui Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Keberhasilan pelayanan kesehatan di FKTP memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dalam rangka memperbaiki dan berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat, diadakan kompetisi atau penilaian terhadap lembaga FKTP yakni Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Penilaian Puskesmas juga menjadi elemen pembangunan kesehatan. Dimana pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk hidup bersih dan sehat bagi setiap warga negara.

Puskesmas Buleleng II yang berlokasi di Desa Anturan, Kecamatan Buleleng, mewakili Kabupaten Buleleng dalam Lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Bali. Penilaian dilakukan oleh Tim Penilai Provinsi Bali yang diketuai oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali (dr. Kadek Iwan darmawan, MPH) yang dilaksanakan pada Senin (22/04). Kedatangan Tim Penilai diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng ( dr. I Gusti Nyoman Mahapramana) dan Kepala Puskesmas Buleleng II (dr. Ni Luh Sustemy). Hadir pula dalam kesempatan ini Tim Pembina Kabupaten, Camat Buleleng, Polsek Buleleng, Koramil dan seluruh perbekel di wilayah binaan Puskesmas Buleleng II.

Kegiatan Lomba Puskesmas Berprestasi ini dilaksanakan secara bertahap dari tingkat kabupaten, dimana tim Kabupaten membina dan memberikan penilaian terhadap puskesmas di wilayahnya untuk diajukan turut serta untuk lomba tingkat Provinsi Bali. Adapun ada 3 aspek yang dinilai meliputi, upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan dan administrasi puskesmas yang harus sesuai dengan standar. Tim Penilai Provinsi selanjutnya akan menilai puskesmas terbaik dari masing – masing daerah untuk mencari yang terbaik guna dibina untuk maju ke tingkat nasional.