(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

SELEKSI TENAGA KESEHATAN TELADAN DI PUSKESMAS KABUPATEN BULELENG TAHUN 2014

Admin dinkes | 10 Maret 2014 | 1364 kali

Tenaga kesehatan berperan besar dalam menentukan pembangunan kesehatan. Di Kabupaten Buleleng, terdapat ratusan tenaga kesehatan di Puskesmas yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh dan menunjukkan prestasi kerja yang sebaik-baiknya. Mereka adalah pahlawan bangsa yang menunaikan tugasnya untuk mencapai visi masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan. Oleh sebab itu dipandang perlu untuk dilaksanakan kegiatan penilaian tenaga kesehatan teladan yang dilaksanakan secara berkelanjutan.

Melalui pemilihan tenaga kesehatan teladan di Puskesmas diharapkan dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan minat tenaga kesehatan bekerja di Puskesmas sehingga dapat menjadi pendorong terciptanya tenaga kesehatan yang mempunyai sikap nasionalis, etis dan professional, memiliki semangat pengabdian yang tinggi, berdisiplin, kreatif, berilmu, terampil, berbudi luhur serta dapat memegang teguh etika profesi.


Langkah kearah tersebut telah dirintis sejak beberapa tahun yang lalu. Pada tahun 2014, seleksi Tenaga Kesehatan Teladan tingkat kabupaten Buleleng dilaksanakan mulai tanggal 2 Pebruari 2014 sampai dengan 28 Pebruari 2014. Menyasar Tenaga Medis (Dokter atau Dokter Gigi), Tenaga Keperawatan atau Bidan, Tenaga Kesehatan Masyarakat (sanitarian, Epidemiolog, Entomolog, Penyuluh Kesehatan, Asisten Apoteker atau analis Laboratorium) dan tenaga Gizi yaitu Nutrisionis atau Dietietik.

Pemilihan tenaga kesehatan dilakukan secara selektif melalui serangkaian kegiatan yang meliputi penelaahan, pemeriksaan, penelitian dan penilaian oleh para ahli dan organisasi profesi terkait, yang hasilnya tercermin pada pengetahuan, sikap, perilaku, dan karya masing-masing individu teladan.
Bertujuan sebagai pengakuan atas keteladanan dalam pembangunan kesehatan di Puskesmas yang dilaksanakan secara obyektif dan transparan, kegiatan ini juga sebagai motivasi bagi para tenaga kesehatan untuk meningkatkan kinerja dan terus memberikan pelayanan kesehatan secara prima kepada masyarakat.

Tenaga kesehatan teladan memiliki prestasi yang membanggakan dan kontribusi yang besar dalam pelaksanaan 3 fungsi Puskesmas, yaitu sebagai penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, penggerak pemberdayaan masyarakat dan pemberi pelayanan kesehatan strata pertama. Disamping itu pada teknis penilaian tenaga kesehatan teladan dilaksanakan dengan menyertakan beberapa unsur penilaian diantaranya Sebagai Pegawai Puskesmas, Sebagai Tenaga Kesehatan Profesional, dan Sebagai Anggota Masyarakat. Dengan penegembangan unsur penilaian yang dijabarkan melalui beberapa sub unsur penilaian beserta indikator-indikator teknis yang telah ditetapkan sebelumnya.