(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Persediaan Vaksin Anti Rabies Kembali Tersedia

Admin dinkes | 17 September 2014 | 1373 kali

Tak berselang lama setelah persediaan Vaksin Anti Rabies (VAR) di Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng habis, pada hari Rabu tanggal 9 September kemarin gudang penyimpanan vaksin kembali terisi.

Secara keseluruhan, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng mengadakan VAR sebanyak 5.000 vial. Pengadaan tersebut dibagi menjadi dua termin pengadaan. Pengadaan termin pertama dilaksanakan pada bulan Mei 2014 sejumlah 2.500 vial dan termin kedua dilaksanakan pada tanggal 9 September 2014. Sehingga target pengadaan Vaksin Anti Rabies terlaksana 100% sesuai dengan rencana.

Pengadaan VAR merupakan upaya Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng dalam menangani kasus gigitan anjing rabies yang terjadi di wilayah Buleleng. Sebanyak 2.500 vial VAR diadakan melaui dana APBD yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. VAR tersebut didistribusikan langsung ke Rabies Center sesuai dengan jumlah kebutuhan dan daya tampung masing-masing Rabies Center di Puskesmas Gerokgak I, Puskesmas Seririt I, Puskesmas Sawan I, Puskesmas Tejakula I, Sukasada I, Busungbiu I, dan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng.