(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Workshop Kader Posyandu Dalam Pengembangan, Penimbangan, Posyandu dan Kunjungan Rumah Hari I

Admin dinkes | 15 Mei 2023 | 130 kali

Senin (15/05/2023) Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng melalui Substansi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat mengadakan Workshop Kader Posyandu Dalam Pengembangan, Penimbangan, Posyandu dan Kunjungan Rumah bertempat di Hotel Puri Saron, Singaraja. Workshop ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas kader agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat, maka perlu dilakukan Workshop Kader Posyandu dalam Penyelenggaraan Penimbangan, Posyandu dan Kunjungan Rumah. Melalui kegiatan ini di harapkan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan di masyarakat.

Posyandu adalah bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakatyang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat. Posyandu merupakan garda utama pelayanan kesehatan bayi dan balita di masyarakat. Sesuai dengan tujuan dibentuknya posyandu adalah untuk percepatan penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) melalui pemberdayaan masyarakat maka sasaran kegiatan posyandu tidak hanya anak balita saja tetapi juga mulai dari ibu hamil, ibu menyusui dan ibu nifas. Kegiatan yang dilakukan di posyandu terfokus pada pelayanan kesehatan ibu & anak (KIA), keluarga berencana, imunisasi gizi dan penanggulangan diare.

Peran Posyandu dalam penanggulangan masalah kesehatan di Indonesia sangatlah penting khususnya upaya pencegahan stunting pada balita. Melalui pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita yang dilakukan satu bulan sekali melalui pengisian KMS, balita mengalami permasalahan pertumbuhan dapat di deteksi sedini mungkin sehingga tidak jatuh pada permasalahan pertumbuhan kronis. 

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi posyandu, ada beberapa faktor yang masih menjadi penghambat dalam optimalisasi pelayanan posyandu seperti keterbatasan sumber dana, rekrutmen ader baru, kapasitas kader yang masih perlu ditingkatkan , motivasi masyarakat yang masih kurang, untuk mengakses layanan posyandu secara rutin dan minimnya pembinaan kelompok kerja operasional pembinaan posyandu (Pokjanal Posyandu) dan kelompok kerja posyandu (Pokja posyandu) terhadap peningkatan kualitas penyelenggaraan aktivitas posyandu. Untuk itu kedudukan dan fungsi pokjanal posyandu di setiap jenjang sangat penting. Mengingat pentingnya wadah kelembagaan dan kualitas pelayanan di posyandu maka dipandang perlu melaksanakan advokasi penguatan posyandu dan UKBM lainnya tingkat kabupaten dan kecamatan, peran aktif semua lintas sektor dan lintas program dalam mendukung terwujudnya posyandu aktif. 

Workshop ini dilaksanakan selama 3 hari yakni mulai dari tanggal 15 Mei 2023 sampai denga 17 Mei 2023. Pertemuan ini dibuka langsung oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng dengan dihadiri oleh perwakilan kader dari setiap puskesmas di Kabupaten Buleleng. Adapun narasumber yang mengisi Workshop Kader Posyandu dalam Penyelenggaraan Penimbangan, Posyandu dan Kunjungan Rumah di hari pertama ini adalah perwakilan dari Organisasi Profesi PPPKMI Cabang Buleleng dengan materi Penyuluhan pada Kegiatan Posyandu dan perwakilan dari Instansi Pendidikan Politeknik Kesehatan Denpasar dengan materi Penilaian Masalah Kesehatan pada Sasaran Posyandu.

Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)