(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Dinkes Buleleng hadiri Rapat Koordinasi PPTI Cabang Buleleng

Admin dinkes | 16 Februari 2024 | 177 kali

Jumat (16/02/2024), Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng melalui substansi P2PM menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi di Tingkat Kabupaten Bulan Februari Tahun 2024 yang bertempat di Lantai II, Unit IV Kantor Bupati Cabang Buleleng.  Kegiatan ini diikuti oleh SSR PPTI Cabang Buleleng, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng, Kepala Puskesmas di Kabupaten Buleleng, dan Koordinator Kader.

Penyelenggaraan rapat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program baik investigasi kontak maupun penemuan kasus baru di tengah masyarakat melalui community outreach dan untuk menekan angka pasien mangkir. Pada pertemuan ini juga disampaikan terkait round down kegiatan PPTI cabang Buleleng menjadi SSR program penanggulangan TBC  pada tahun 2024. SSR (Sub-Sub Recipient) PPTI Cabang Buleleng merupakan pelaksana program eliminasi TBC melalui grant Global Fund periode Grant Cycle 7, Penabulu-STPI mendukung dan memberikan kontribusi pada :

1.   Penemuan kasus secara aktif dan pendampingan pasien TBC sejak ternotifikasi dengan pendekatan people-centered baik untuk TBC SO maupun TBC RO,

2. Meningkatkan capaian pencegahan TBC melalui edukasi dan dukungan penerimaan kontak serumah terhadap Terapi Pencegahan TBC (TPT)

3.  Memperluas praktik Pencegahan & Pengendalian Infeksi di fasilitas nonkesehatan (Congregate Settings).