(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Generasi Bersih Sehat dalam Pencegahan Stunting Di Kabupaten Buleleng

Admin dinkes | 22 Mei 2019 | 133 kali

Stunting adalah kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang  jika dibandingkan dengan umur. Kondisi ini diukur dengan panjang atau tinggi badan yang lebih dari minus dua standar deviasi median standar pertumbuhan anak dari WHO. Balita stunting termasuk masalah gizi kronik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi sosial ekonomi, gizi ibu saat hamil, kesakitan pada bayi, dan kurangnya asupan gizi pada bayi. Balita stunting di masa yang akan datang akan mengalami kesulitan dalam mencapai perkembangan fisik dan kognitif yang optimal. Dalam mendukung pencegahan kasus stunting ini Kementrian Komunikasi dan Informatika melaksakan kegiatan Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) yang diadakan pada Selasa (21/05/2019) bertempat di Melka Exelcior Hotel.

Dilansi dari website resmi Pemkab Buleleng, Sosialisasi Genbest ini diikuti oleh 150 orang peserta yang terdiri dari 10 Desa prioritas yakni Sekumpul, Pegayaman, Tampekan, Patas, Kerobokan, Galungan, Kubutambahan, Lemukih, Bulian, dan Kayu Putih. Sosialisasi ini juga melibatkan partisipasi dari sekolah-sekolah serta organisasi lain seperti Buleleng Social Community dan Fatayat NU Buleleng. Tiga narasumber dihadirkan dalam sosialisasi ini yakni TP PKK Kabupaten Buleleng I Gusti Ayu Aries Sujati, Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan yang juga Kepala Bappeda Litbang I Wayan Genep, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng dr. I Gusti Nyoman Maha Pramana, serta dari (Kemenkominfo) DR. Wiryanta selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Sebagai salah satu narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng memberikan paparan umum mengenai pengertian stuntting, penyebab dan pencegahan stunting serta arah kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah dalam menyelesaikan permasalah stunting di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Buleleng pada khususnya. Disamping itu juga dipaparkan mengenai program dan kegiatan apa yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam mengatasi permasalahan ini.