(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Pertemuan Program Kesehatan Kerja

Admin dinkes | 20 Juni 2023 | 109 kali

Selasa (20/06/2023) Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng melalui Subtansi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga melaksanakan pertemuan program kesehatan kerja yang bertempat di Aula Dinas Kesehatan. Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman pengelola dalam pelaksanaan Program Kesehatan Kerja di Puskesmas. Narasumber yang hadir dalam pertemuan tersebut berasal dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab. Buleleng, dan Dinas Kesehatan Kab. Buleleng. 

Sesuai Peraturan Pemerintah RI No 88 Tahun 2019 tentang Kesehatan Kerja dinyatakan bahwa dalam rangka memberikan pelindungan bagi pekerja agar sehat, selamat, dan produktif perlu dilakukan upaya kesehatan kerja yang merupakan bagian dari keselamatan dan kesehatan kerja secara terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan. Kesehatan Kerja ditujukan untuk melindungi setiap orang yang berada di Tempat Kerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan dari pekerjaan.   Standar Kesehatan Kerja dalam upaya pencegahan penyakit meliputi identifikasi, penilaian, dan pengendalian potensi bahaya kesehatan, pemenuhan persyaratan kesehatan lingkungan kerja, pelindungan kesehatan reproduksi, pemeriksaan kesehatan, penilaian kelaikan bekerja, pemberian imunisasi dan/atau profilaksis bagi Pekerja berisiko tinggi, pelaksanaan kewaspadaan standar,  dan surveilans Kesehatan Kerja. Standar Kesehatan Kerja dalam upaya peningkatan kesehatan meliputi peningkatan pengetahuan kesehatan, pembudayaan perilaku hidup bersih dan sehat, pembudayaan keselamatan dan Kesehatan Kerja di Tempat Kerja, penerapan gizi kerja, dan peningkatan kesehatan fisik dan mental.  Standar Kesehatan Kerja dalam upaya penanganan penyakit meliputi pertolongan pertama pada cedera dan sakit yang terjadi di Tempat Kerja, diagnosis dan tata laksana penyakit, dan penanganan kasus kegawatdaruratan medik dan atau rujukan.  

Dalam pertemuan ini disampaikan materi terkait Kebijakan Program Kesehatan Kerja, Capaian Indikator Kinerja Kesehatan Kerja masing-masing puskesmas, Permasalahan dan Kendala yang dihadapi dalam Pelaksanaan Kesehatan Kerja di Wilayah Kerja Puskesmas, serta Upaya Pemecahan Masalah dan Strategi Pencapaian Target Indikator. Disamping itu dipaparkan pula mengenai Kewasapadaan Meghadapi Bencana Kebakaran di Puskesmas/Perkantoran.


Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)