(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng Dukung Program P2 HIV yaitu Survei Terpadu Biologis dan Perilaku (STBP)

Admin dinkes | 15 September 2023 | 139 kali

Jumat (15/9/2023), Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng melalui bidang P2P melaksanakan Kegiatan STBP (Survei Terpadu Biologis dan Perilaku) untuk sasaran populasi kunci LSL (Laki-laki Seks Laki- laki) Program P2 HIV. Survei Terpadu Biologis dan Perilaku (STBP) merupakan sebuah kegiatan berkala dua atau tiga tahunan dan bersifat nasional, pelaksanaan STBP 2023 dilakukan oleh Kementerian Kesehatan yang didukung Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Kelompok Populasi Paling Berisiko yang dicakup dalam STBP tahun 2023 ini adalah WPS, Pelanggan WPS, Penasun, Waria, dan LSL.

STBP Tahun 2023 dirancang untuk dapat menangkap angka prevalensi nasional HIV serta dilakukan pada kabupaten/kota yang sama untuk melihat kecenderungan dan prevalensi nasional. Jumlah sampel responden yang ikut serta hampir mirip dengan STBP sebelumnya. Selain itu, STBP ini juga memeriksa Hepatitis B dan C seperti diketahui bersama bahwa Hepatitis B, C, HIV dan IMS, mempunyai beberapa kesamaan dalam cara penularan, dan cara pencegahan, sehingga kelompok populasi berisikonya pun terdapat irisan antara Hepatitis B, C, HIV dan IMS.

Keberhasilan upaya pencegahan infeksi HIV bergantung pada perubahan perilaku berisiko, dari risiko tinggi ke risiko yang lebih rendah. Surveilans ini akan memadukan data pemeriksaan biologis dengan informasi mengenai perubahan perilaku berisiko mencakup peningkatan penggunaan kondom dan pengurangan jumlah pasangan seksual di antara mereka yang aktif secara seksual, penurunan pemakaian bergantian alat suntik pada kelompok pemakai narkotika psikotropika dan zat adiktif lainnya (Napza Suntik), peningkatan akses terapi rumatan methadon, dan penundaan hubungan seksual pertama kali pada kalangan remaja. Oleh karena itu untuk dapat memberikan gambaran epidemi yang terjadi pada Kelompok Populasi Paling Berisiko dalam terjadinya epidemi HIV di Indonesia, maka perlu dilakukan Surveilans Terpadu Biologi dan Perilaku (STBP) yang berkesinambungan.

Kegiatan STBP pada tahun 2023 ini Kabupaten Buleleng mendapat  sasaran populasi kunci LSL (Laki-laki Seks Laki- laki) sebanyak 325 sample, kegiatan ini diadakan selama 3 bulan dimulai dari bulan juli hingga september 2023 dengan Drop In Center di Puskesmas Buleleng I.


Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)