(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Kadiskes Buleleng Hadiri Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) Provinsi Bali Tahun 2023

Admin dinkes | 22 Mei 2023 | 100 kali

Senin (22/05/2023) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (dr.Sucipto,S.Ked.,M.A.P) beserta staf menghadiri pertemuan Monitoring dan Evaluasi Pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) Provinsi Bali Tahun 2023 yang bertempat di Hotel Swiss Bell Reinforest Kuta.

Acara di buka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali (Dr. dr. I Nyoman Gede Anom, M.Kes) dan dilanjutkan dengan Monitoring dan Evaluasi oleh Deputi Direksi Wilayah IX (Elfanetti). Dalam pelaksanaan pembayaran kapitasi di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan melakukan proses Pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja (PKBK). PKBK dilihat dari 3 indikator yaitu Angka Kontak (AK), Rasio Rujukan Non Spesialistik (RRNS) dan Rasio Peserta Prolanis Terkendali (RPPT).

Adapun hasil yang didapatkan dari pertemuan ini yakni janji layanan yang disampaikan ke Faskes bisa dimonitor komitmennya oleh Diskes Kab/Kota, kemudahan akses peserta PBPU Pemda terhadap layanan FKTP yang berada di perbatasan atau antar Kabupaten, pemenuhan FKTP berdasarkan pemetaan kebutuhan yang disepakati di daerah, gerakan Pemanfaatan Antrian Online dan Mobile JKN di lakukan serentak di Provinsi Bali, perluasan ruang Farmasi di Puskesmas dalam pelayanan Obat Rujuk Balik, kebijakan Kewajiban SKRINING RIWAYAT KESEHATAN Sebelum Peserta JKN mengakses layanan FKTP, dan Remapping Rujukan ke FKRTL.

Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)