(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Audiensi Yayasan Kerti Praja (YKP) terkait Implementasi Pemanfaatan Teknologi Wolbachia

Admin dinkes | 06 April 2023 | 179 kali

Kamis (06/04/2023) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (dr.Sucipto,S.Ked,M.A.P) menerima Audiensi langsung dari Yayasan Kerti Praja (YKP) terkait Implementasi Pemanfaatan Teknologi Wolbachia yang bertempat di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng. 

Teknologi wolbachia adalah inovasi untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue. Wolbachia adalah bakteri yang dapat tumbuh alami di serangga terutama nyamuk, kecuali nyamuk aedes aegypti. Bakteri Wolbachia dapat melumpuhkan virus dengue, sehingga apabila ada nyamuk aedes aegypti menghisap darah yang mengandung virus dengue akan resisten sehingga tidak akan menyebar ke dalam tubuh manusia. 

Pada bulan Februari 2023 yang lalu, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan The World Mosquito Program (WMP) telah melakukan ‘Sosialisasi penanggulangan kasus demam berdarah/dengue dengan teknologi Wolbachia yang bertempat di Hotel Banyualit. Menindaklanjuti pertemuan tersebut, Yayasan Kerti Praja (YKP) melakukan audiensi ke Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng dengan harapan untuk mendapatkan arahan, saran, pendampingan atau fasilitasi pelaksanaan dalam memastikan implementasi pemanfaatan teknologi Wolbachia.

Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)