(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Sosialisasi Antisipasi Penyebaran Penyakit Infeksi Emerging dan Deteksi Dini Faktor Risiko PTM

Admin dinkes | 18 Agustus 2023 | 125 kali

Jumat (18/08/2023) Kadiskes Buleleng (dr.Sucipto, S.Ked.,M.AP) menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi dalam Rangka Antisipasi Penyebaran Penyakit Infeksi Emerging Berbasis Masyarakat di Kab/Kota dan Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) bersama Anggota DPR RI Komisi IX DPR RI, I Ketut Kariyasa Adnyana, S.P. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI yang bertempat di Desa Tangguwisia, Kecamatan Seririt.

Penyakit infeksi emerging atau yang disingkat dengan EIDS adalah penyakit yang menyerang suatu populasi. Penyakit infeksi emerging ini, bisa saja baru terjadi atau sebelumnya sudah ada dan kemudian menyebar ke wilayah lain. Penyakit infeksi emerging termasuk Pes, Kolera, Meningitis Meningokokus, Yellow Fever, Hanta Virus, Sars, Avian Influenza, Cacar, Ebola, Japanese Encephalitis, Poliomielitis Akut, Antrax, Virus Nipah, Flu Burung.

Sedangkan Penyakit Tidak Menular (PTM) atau dengan istilah penyakit degeneratif merupakan jenis penyakit yang tidak bisa ditularkan oleh pemderita ke orang lain, yang mana penyakit ini berkembang secara perlahan dan terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Beberapa faktor yang dapat memicu penyakit tidak menular seperti kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan pola hidup tidak sehat seperti kurangnya aktivitas fisik dan pola makan sembarangan.

Pentingnya masyarakat agar senantiasa mengecek kesehatan secara rutin dan mengubah gaya hidup sehat serta memahami konsep, penyebab dan cara pencegahannya, sehingga dapat mengenali sekaligus menghindari jenis penyakit baik yang termasuk penyakit infeksi emerging maupun penyakit tidak menular (PTM).

 

Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)