(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Pelatihan Entomologi Malaria Bagi Petugas Puskesmas Se-Kabupaten Buleleng

Admin dinkes | 15 Mei 2023 | 108 kali

Senin (15/05/2023) Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng mengadakan pelatihan Entomologi Malaria bagi petugas puskesmas se-Kabupaten Buleleng yang di kerjasamakan dengan UPTD Bapelkesmas Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Pelatihan ini dilaksanakan selama 6 hari yakni dari tanggal 15 Mei 2023 sampai dengan 20 Mei 2023 bertempat di UPTD Bapelkesmas Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Malaria adalah penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia, terutama di beberapa daerah khususnya pada kawasan timur Indonesia. Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium sp, ditularkan oleh vektor nyamuk Anopheles, dapat menyerang semua golongan umur, baik bayi, anak-anak maupun orang dewasa. 

Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 293/Menkes/SK/IV/2009 tentang Eliminasi Malaria di Indonesia dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota Nomor 443.41/465/SJ/2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Eliminasi Malaria di Indonesia bahwa untuk mencapai eliminasi malaria secara nasional, pencapaiannya dilakukan bertahap mulai dari tahun 2010 sampai seluruh wilayah di Indonesia dinyatakan bebas malaria selambat-lambatnya tahun 2030. 

Salah satu kunci keberhasilan pengendalian malaria adalah melalui pengendalian vektor. Pengendalian vektor harus dilakukan secara komprehensif, sehingga dibutuhkanlah tenaga kesehatan yang terlatih di bidang pengendalian vektor. Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng mengadakan pelatihan Entomologi Malaria bagi petugas puskesmas khususnya pengelola program malaria sebagai pelaksana terdepan.  Melalui pelatihan ini diharapkan petugas puskesmas mampu melakukan kegiatan entomologi malaria di puskesmas sesuai dengan kompetensinya.

Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)