(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Rakerkesnas 2024 "Melesat Menuju Indonesia Emas"!

Admin dinkes | 24 April 2024 | 317 kali

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (dr.Sucipto,S.Ked.,M.AP) menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) Tahun 2024 dengan mengambil tema "Melesat Menuju Indonesia Emas" bertempat di Nusantara Hall - Ice BSD Tangerang Selatan, Banten. Pertemuan ini dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam sambutan Presiden RI menyampaikan bahwa Indonesia akan memiliki momentum untuk menjadi negara maju karena akan memperoleh bonus demografi pada tahun 2030an. Untuk mewujudkan hal tersebut sektor kesehatan memiliki peran yang sangat penting.

Adapun pembahasan pada Rakerkesnas ini yaitu :

  1. Menyelaraskan penyusunan Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) sebagai haluan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan, dan mengimplementasikan program kesehatan di daerah.  
  2. Menitikberatkan strategi kesehatan pada upaya mencegah masyarakat jatuh sakit melalui program promotif dan preventif.
  3. Mempercepat pemerataan akses pelayanan kesehatan di seluruh daerah akan diintensifkan sehingga akses yang baik tidak hanya berpusat di pulau jawa tapi di beberapa pulau besar lainnya.

Pada pertemuan ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga menyampaikan bahwa sektor kesehatan memiliki peran penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Untuk itu, Menkes mengajak para pelaku kesehatan agar melakukan perubahan paradigma dalam melayani kesehatan.

Rakerkesnas dihadiri oleh Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, serta undangan dari perwakilan seluruh dinas kesehatan provinsi/kabupaten/kota, RSUD, Bappeda provinsi/kabupaten/kota, UPT Kemenkes, perwakilan kementerian/lembaga, dan para mitra pembangunan kesehatan.