(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Pertemuan Peningkatan Kapasitas Kader Dalam Penemuan Kasus HIV Dan Pendampingan Minum Obat Di Kabupaten Buleleng Tahun 2023

Admin dinkes | 16 Oktober 2023 | 299 kali

Senin (16/10/2023) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (dr.Sucipto.,M.AP) menghadiri sekaligus membuka acara Pertemuan Peningkatan Kapasitas Kader  Dalam  Penemuan Kasus Hiv Dan Pendampingan Minum Obat Di Kabupaten Buleleng  Tahun 2023 yang bertempat di Hotel Aneka, Lovina. Sasaran dalam kegiatan ini adalah kader kesehatan yang dikhususkan sebagai jejaring penemuan kasus HIV di lapangan masing-masing wilayah Puskesmas Se-Kab.Buleleng.

 

Kadiskes Buleleng menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan berperan aktif dalam Upaya penanggulangan  HIV di Kabupaten Buleleng khususnya pada implememtasi program 3 zero yang meliputi zero infeksi baru HIV, zero kematian terkait AIDS dan zero diskriminasi. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah untuk mewujudkan Indonesia bebas AIDS pada tahun 2030. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan ketiga target tersebut seperti peningkatan akses dan ketersediaan layanan Kesehatan, penguatan sistem deteksi dini, pengembangan Pendidikan dan komunikasi Kesehatan serta pemberdayaan Masyarakat dan kelompok terdampak.

 

Peningkatan kejadian kasus HIV-AIDS yang bervariasi mulai dari epidemi rendah, epidemi terkonsentrasi dan epidemi meluas, perlu dilakukan upaya penanggulangan HIV dan AIDS secara terpadu,menyeluruh dan berkualitas. Sehubungan dengan upaya tersebut, kolaboratif berbagai pihak sangat diperlukan. Pelibatan masyarakat dalam hal ini kader kesehatan menjadi salah satu alternatif dalam membantu upaya promotif untuk pencegahan dan penanggulangan kasus tersebut. Dalam pelibatan masyarakat menjadi kader kesehatan dalam hal ini kader HIV perlu diberdayakan dengan lebih optimal. Tentunya kualitas peran mereka lebih ditingkatkan melalui kegiatan yang mampu menunjang peningkatan kemampuannya. Kadiskes Buleleng berharap agar tercipta sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah, masyarakat dan berbagai pihak lainnya termasuk para kader untuk mencapai target tersebut.