(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Kampanye Aksi Bergizi di Tatanan Sekolah

Admin dinkes | 24 Juli 2023 | 419 kali

Kegiatan Penggerakan Masyarakat Hidup Sehat Akzi Bergizi merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Bali dengan 3 (tiga ) locus kabupaten/kota yaitu Kabupaten Gianyar, Badung, dan Buleleng. Kegiatan Kampanye Akzi Bergizi di Kabupaten Buleleng dilaksanakan pada Senin, 24 Juli 2023 di SMAN 1 Seririt. Kegiatan kampanye ini dilaksanakan dengan tujuan mengoptimalkan dukungan, komitmen sekolah untuk implementasi germas hidup sehat dalam kegiatan akzi bergizi di tatanan sekolah. Selain itu dalam kegiatan tersebut juga dapat disebarluaskannya pesan-pesan kesehatan terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bagi masyarakat lingkungan sekolah.

Melalui Gerakan Aksi Bergizi diyakini salah satu upaya strategis untuk meningkatkan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri. Upaya ini merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting di daerah. Pemeriksaan kadar Hb secara berkala juga merupakan langkah yang tepat untuk memantau jumlah kasus anemia pada remaja putri. Kegiatan Aksi Bergizi dilaksanakan dengan tiga intervensi utama, yaitu :

1.  Sarapan dan minum tablet tambah darah bersama di sekolah/madrasah setiap minggu

2.  Edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik

3.  Komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif.

Kegiatan Kampanye Akzi Bergizi tersebut dikuti oleh peserta yang merupakan murid SMAN 1 Seririt dimulai dari Aktifitas Fisik (Senam Sehat Bersama), minum tablet tambah darah bersama bagi remaja putri, dan tersedianya stand pameran promosi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, kesehatan tradisional, serta adanya kegiatan talkshow dengan paparan materi oleh narasumber.

Turut hadir Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi beserta staf, Kepala Puskesmas Seririt 1 beserta staf dan 20 orang  undangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng. 

Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)