Senin (26/05/2025), Plt. Kadinkes mendampingi Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra dan Sekretatis Daerah
Gede Suyasa menerima Audiensi dari PT Jasnika. PT Jasnika, melalui David
Kristianto Yahonsyah yang bertempat di Gedung BCC (Buleleng Command Center)
Dinas Kominfosanti Buleleng. Tujuan Audiensi ini adalah untuk menjalin
kerjasama dalam layanan call center 112 salah satunya dalam rangka optimalisasi
penyelenggaraan pelayanan kesehatan rujukan.
Bupati Buleleng Sutjidra
menekankan pentingnya jaminan respon time yang cepat dan tepat dari sistem call
center 112, untuk memastikan masyarakat mendapatkan layanan yang responsif.
Layanan 112 diharapkan dapat mempercepat koordinasi dan aliran informasi antar
lintas OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi vertikal lainnya,
termasuk Dinas Kesehatan. Hal ini akan mendukung tugas dan fungsi pokok Dinas
Kesehatan di daerah sesuai SOP yang dibuat. Selain itu, 112 juga akan menjadi
pusat data dan informasi bagi pimpinan daerah dalam mengambil kebijakan, serta
meningkatkan kepuasan dan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Daerah.
Dari sudut pandang Dinas
Kesehatan Kabupaten Buleleng, layanan call center 112 akan sangat bermanfaat.
Layanan ini adalah nomor telepon darurat yang dapat dihubungi untuk meminta
bantuan dari layanan darurat, termasuk layanan medis. Hal ini menjadi bagian
dari implementasi smart city, khususnya pada pilar smart governance dan smart
living. Dengan adanya nomor tunggal 112, berbagai nomor panggilan darurat yang
tidak mudah diingat seperti 118 untuk ambulans atau 119 untuk PSC dapat
disinergikan. Ini akan mempercepat penanganan keadaan darurat dan mengurangi
dampak bahaya yang membesar.
Hadir pula Asisten
Administrasi Umum Setda Buleleng, Kadis Kominfosanti, Kalak BPBD, Plt Kadis
Damkar, serta dari RSUD.