(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Kadiskes Buleleng hadiri Deklarasi ODF (Open Defecation Free) Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kelurahan Banyuning dan Penarukan

Admin dinkes | 12 September 2023 | 110 kali

Selasa (12/09/2023) Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (dr.Sucipto,S.Ked.,M.AP) menghadiri dan memberikan sambutan dalam Deklarasi ODF (Open Defecation Free) Stop Buang Air Besar Sembarangan Keluarahan Banyuning dan Kelurahan Penarukan Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng.

Pelaksanaan Deklarasi ODF di Kabupaten Buleleng  dimana terdapat  129 Desa dan 19 Kelurahan, dan sampai saat ini sudah ada 74 Desa ODF yang tersebar di 9 kecamatan. Dari data tersebut, hingga pada awal bulan agustus tahun 2023 ini, terdapat 68 Desa/Kelurahan yang sudah mendeklarasikan sebagai       Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) di Kabupaten Buleleng.

 

Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng dalam sambutannya menyampaikan dasar dari Deklarasi ODF adalah Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 tantang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dan tujuan dari deklarasi ODF adalah untuk memicu masyarakat berperilaku Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), serta memberikan Apresiasi Kepada Pemerintah Desa yang sudah Berhasil Mencapai Desa ODF dalam Upaya Menurunkan Prevalensi Stunting di Kabupaten Buleleng.

 

Turut Hadir Perwakilan Camat Buleleng Kasi Sosial dan Budaya, Bapak Lurah Banyuning dan Penarukan, Babhinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD, Ketua LPM.


Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)