(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Dinkes Buleleng dukung Program WPM (World Mosquito Program)

Admin dinkes | 12 September 2023 | 174 kali

Selasa (12/09/2023) Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng mendukung penuh Program dari WPM (World Mosquito Program) berupa Penyebaran Nyamuk Ber-Wolbachia. The World Mosquito Program (WMP) memiliki inovasi jitu dalam membasmi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), yaitu pengendalian virus dengue dengan menggunakan nyamuk aedes aegypti yang telah mengandung bakteri Wolbachia.  Program Wolbachia diteliti dan dikembangkan oleh WMP yang merupakan organisasi nirlaba di bidang pencegahan penyakit khususnya yang ditularkan oleh nyamuk ke manusia.


Nyamuk Ber-Wolbachi adalah nyamuk yang telah berbakteri Wolbachia, dimana nantinya apabila nyamuk demam berdarah menghisap darah yang mengandung virus dengue akan resisten sehingga tidak akan menyebar ke dalam tubuh manusia. 


Cakupan wilayah dari Program Wolbachia mencapai 12 negara di benua Asia, Oceania, dan Amerika. Di wilayah Bali WMP bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemkab Buleleng. Saat ini telah diadakan Soft Launching bertempat di Kelurahan Banjar Jawa, Penyebaran Nyamuk Ber-Walbachia Skala Kecil di Kabupaten Buleleng dengan daerah Pionir Kelurahan Kaliuntu dan Kelurahan Banjar Jawa. Diharapkan dengan adanya Program Nyamuk Ber-Wolbachia kasus DBD di Kabupaten Buleleng dapat menurun.

 

Turut Hadir dalam acara kali ini, Sekretaris Camat Buleleng, Lurah Banjar Jawa, Lurah Kaliuntu, TIM WMP, Kelian Adat dan Ketua Lingkungan di Kedua Kelurahan, dan Pengelola Program DBD Puskesmas Buleleng I.


Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)