(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Kadiskes Hadiri Pertemuan Koordinasi Percepatan Transformasi Teknologi Kesehatan Melalui Implementasi RME Terintegrasi SATUSEHAT

Admin dinkes | 12 Desember 2023 | 223 kali

Selasa (12/12/2023), Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (dr.Sucipto,S.Ked.,M.AP) menghadiri acara Pertemuan Koordinasi Percepatan Transformasi Teknologi Kesehatan Melalui Implementasi RME Terintegrasi SATUSEHAT. Pertemuan ini diselenggarakan selama 2 hari dari 12-13 Desember 2023 yang bertempat di Royal Tulip Springhill Resort Jimbaran.

 

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan transformasi teknologi kesehatan sebagai salah satu pilar Transformasi Kesehatan untuk mendukung pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Agar program transformasi teknologi kesehatan memberikan manfaat yang optimal dan berkelanjutan, diperlukan partisipasi dari berbagai pemangku kepentingan, seperti mitra pelaksana dan pengembangan, perguruan tinggi, penyedia teknologi kesehatan, lembaga pemerintah dan lain-lain.

 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis, Kementerian Kesehatan berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Asean Center of Excellence of Smart City (ASECH) untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia di bidang kesehatan dalam rangka percepatan transformasi teknologi kesehatan melalui implementasi Rekam Medis Elektronik (RME) terintegrasi SATUSEHAT. Manfaat dari peluncuran RME ini yaitu memudahkan proses pelayanan kesehatan, dimana tenaga medis hanya perlu mengakses RME pasien tersebut, maka semua riwayat penyakitnya akan muncul untuk menghindari potensi kesalahan dan mempercepat keputusan tindakan yang harus dilakukan. Selain itu bisa mencegah kemungkinan pemeriksaan berulang atau keharusan membawa berkas rekam medis fisik saat pasien hendak berpindah fasyankes.

 

 Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)