(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Kadiskes Buleleng menerima kunjungan Supervisi untuk AIDS, Tuberkulosis dan Malaria (ATM) di Kabupaten Buleleng

Admin dinkes | 05 Oktober 2023 | 303 kali

Kamis (5/10/2023) Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (dr.Sucipto,S.Ked.,M.AP) menerima kunjungan dari ADINKES Perwakilan Provinsi Bali mengenai Supervisi untuk AIDS, Tuberkulosis dan Malaria (ATM) Kabupaten Buleleng bertempat di Banyualit Resort & Spa. Pertemuan antara Kepala Dinas Kepala Dinas Kesehatan, ProgramKoordinator RSSH Prov. Bali, dan Tim Monev RSSH mengenai kelengkapan Datadari Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng. Diskusi mengenai kasus Malaria yang terjadi di Kabupaten Buleleng merupakan kasus import dari daerah endemis seperti penugasan TNI yang datang dari daerah endemis Malaria untuk penugasan di daerah Bali. Selain itu, kasus DBD yang ada di Kabupaten Buleleng juga masih tinggi sehingga salah satu hal yang harus dilakukan yaitu memasukkan bakteri Wolbachia ke dalam nyamuk DBD. Tim Monev RSSH berdiskusi mengenai serapan dana Global Fund di Kabupaten Buleleng dimana serapan dana Global Fund harus dioptimalkan sehingga Global Fund tetap dapat mendukung kelanjutan dana ATM di Kabupaten Buleleng.

Mengenai support dana PPTI, selama ini PPTI Kabupaten Buleleng mendapatkan dana yang berasal dari Bulan Dana (Dana dari pegawai ASN Kabupaten Buleleng). Penganggaran dana terkait ATM di Kabupaten Buleleng sangat terstruktur seperti yang dilakukan oleh Bagian Kesra Setda Buleleng dan juga Dinsos Kabupaten Buleleng. Puskesmas yang berada di kabupaten Buleleng dan Kota Denpasar belum termasuk BLUD karena belum meratanya persebaran anggota puskesmas.

Selama ini program CSR seperti bedah rumah yang ada mendapatkan data yang berasal dari Dukcapil dan Dinsos namun selama ini acuannya hanya karena kemiskinan ekstrim bukan akibat penyakit seperti terkena Tuberkulosis. Kedepannya Dinas kesehatan akan berkoordinasi terkait program CSR ini dengan OPD terkait mengenai program CSR seperti program bedah rumah.