(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Pemkab Buleleng Peroleh Sertifikat Bebas Frambusia!

Admin dinkes | 06 Maret 2024 | 231 kali

Rabu (06/03/2024), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (dr.Sucipto,S.Ked.,M.AP) mewakili Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menghadiri Penyerahan Sertifikat Bebas Frambusia yang diserahkan langsung oleh Bapak Budi Gunadi Sadikin selaku Mentrian Kesehatan Republik Indonesia di Puri Agung Convention (Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta).

 

Kabupaten Buleleng merupakan satu dari 99 Kabupaten/Kota di Indonesia yang dinyatakan bebas Frambusia. Untuk itulah, Buleleng menerima sertifikat karena turut melakukan komitmen pembebasan dan mempertahankan status bebas Frambusia. Perlu diketahui Frambusia adalah penyakit kulit kronis menular yang disebabkan oleh Bakteri Reponema Pallidum Pertenue, dan termasuk kategori Penyakit Tropis Terabaikan (Neglected Tropical Diseases/NTDs).

 

Pemkab Buleleng  akan terus berkomitmen untuk terus memperkuat sistem kesehatan, meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan dasar, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi. Pemerintah daerah akan terus upayakan pemberantasan penyakit menular lainnya dan menciptakan masyarakat Buleleng yang lebih sehat dan sejahtera.

 

Hadir 99 Kabupaten/Kota Penerima Sertifikat Bebas Frambusia dan 3 Kabupaten/Kota Penerima Sertifikat Eliminasi Filariasis.