(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Pendampingan uji coba uji fungsi Alat Kedokteran Radiodiagnostic (Cathlab+UPS)

Admin dinkes | 25 September 2023 | 318 kali

Senin (25/9/2023) Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (dr.Sucipto,S.Ked.,M.AP) menghadiri Pendampingan uji coba uji fungsi Alat Kedokteran Radiodiagnostic (Cathlab+UPS) bertempat di RSUD Kabupaten Buleleng.

 

Cathlab adalah peralatan yang digunakan dalam prosedur kateterisasi jantung. Alat-alat ini digunakan untuk memasukkan kateter ke dalam pembuluh darah, memandu kateter ke jantung, dan memvisualisasikan arteri jantung. Alat yang digunakan dalam pemeriksaan ini bisa memberikan hasil gambar yang detail untuk mengetahui adanya penyakit, penyempitan, sumbatan, atau pelebaran pada pembuluh darah.

 

Risiko yang dapat muncul (meskipun jarang) setelah prosedur Cath Lab yaitu alergi pada cairan kontras, perdarahan, infeksi atau radang pada lebam di tempat dimasukkannya selang, pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke maupun serangan jantung, kerusakan arteri, kerusakan ginjal, turun tekanan darah, gangguan irama jantung, maupun robeknya jantung. Risiko tersebut lebih banyak ditemui pada pasien dengan penyakit diabetes, penyakit ginjal atau pasien berusia lebih dari 75 tahun.

 

Dengan adanya alat ini diharapkan dapat menunjang efektivitas dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Buleleng. Turut Hadir Perwakilan Kejaksaan Kabupaten Buleleng dan juga Perwakilan dari Inspektorat Kabupaten Buleleng.