(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Dinkes Buleleng Laksanakan Gerakan Kesehatan Bersama Mitra dan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 Kabupaten Buleleng

Admin dinkes | 29 Mei 2023 | 143 kali

Senin (29/05/2023) Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng melaksanakan Gerakan Kesehatan Bersama Mitra dan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 Kabupaten Buleleng yang bertempat di Gedung Laksmi Graha,Singaraja. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia melalui kemitraan dengan komunitas pemerhati lanjut usia di sepuluh (10) provinsi, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Selatan dalam rangka penguatan program kesehatan lanjut usia sekaligus percepatan pencapaian target indikator terkait kelompok lanjut usia. 

Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, penyakit yang terbanyak pada lansia adalah untuk penyakit tidak menular: hipertensi, masalah gigi, penyakit sendi, masalah mulut, diabetes mellitus, penyakit jantung dan stroke, dan penyakit menular antara lain seperti ISPA, diare, dan pneumonia. Selain penyakit tidak menular dan menular, lansia berisiko untuk masalah gizi terutama gizi lebih, gangguan mental emosional, depresi, serta demensia. Pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif merupakan salah satu upaya meningkatkan derajat kesehatan lanjut usia dengan memberikan pelayanan yang sesuai standar.

Melalui Gerakan Kesehatan ini dirangkaikan dengan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 dan mengundang para lansia sebagai peserta aktif sebanyak 158 orang. Para lansia yang hadir diberikan pemeriksaan kesehatan gratis seperti pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat. 

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat. Turut hadir KLPI Pusat, KLPI Provinsi Bali dan KLPI Buleleng.

Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)