(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Dialog Interaktif “Demam Berdarah Kembali Merebak di Buleleng”!

Admin dinkes | 23 April 2024 | 202 kali

Selasa (23/04/2024), Kepala Bidang P2P (dr.Gede Artamawan) mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng hadir dalam Dialog Interaktif Demam Berdarah Kembali Merebak di Buleleng” di Radio Nuansa Giri.

Musim hujan yang tak kunjung henti di Buleleng membawa dampak kembali meningkatnya kasus demam berdarah (DBD). Sehubungan dengan makin maraknya kasus DBD di Kabupaten Buleleng di masyakarat, Sehingga diperlukan langkah-langkah antisipasi yang tidak hanya melibatkan satu sektor atau dinas saja. Jadi beberapa wilayah yang kasus DBD dengan kasus yang meningkat menjadi sasaran fogging atau PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk). Kepala Bidang P2P menyampaikan bahwa di Kabupaten Buleleng sudah melaksanakan fogging dari Maret hingga Mei mendatang sesuai dengan jadwal dan sasaran desa/kelurahan. Namun upaya fogging hanya efektif untuk membunuh nyamuk dewasa, dan pelaksanaannya harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Kepala Bidang P2P dalam dialog menambahkan bahwa upaya yang paling dapat dilakukan dalam mencegah terjadinya DBD yaitu melalui penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di setiap keluarga dan lingkungan sangat krusial. Kepala Bidang P2P mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif dalam pencegahan DBD, serta pentingnya gerakan sosialisasi dan gotong royong yang melibatkan seluruh stakeholder di wilayah Buleleng. Bagi masyarakat dapat mencegah secara dini DBD dari keluarga, dengan PHBS dan 3M (Menguras, Menutup, Mengubur), serta terus lakukan koordinasi dan komunikasi di antara lembaga terkait.