(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Khasiat Buah Pepaya

Admin dinkes | 17 September 2019 | 1877 kali

Masih dalam rangka memperingati Hari Buah Sedunia 1 Juli 2019,  yuk kenali khasiat buah pepaya untuk cegah penyakit tidak menular.

Baik Untuk Pencernaan dan menurunkan berat badan

Sering menjadi bahan bercanda dengan disebut sebagai makanan burung, buah yang satu ini terbukti amat baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan berat badan, karena papaya mengandung enzim bernama papain dan kandungan seratnya tinggi. Kalorinya pun rendah.

Menurunkan Kolesterol

Pepaya merupakan sumber serat, antioksidan serta vitamin C. Makan buah ini berarti menghindarkan diri dari kolesterol. Tambahkan semangkuk pepaya dalam diet harian Anda, maka dengan mengunyah buah lezat ini, Anda bisa terhindar dari penyakit jantung.

Baik untuk Penderita Diabetes

Meskipun manis dalam segi rasa, pepaya memiliki kandungan gula rendah dan indeks glikemik yang juga rendah, sehingga sangat baik untuk pasien diabetes. Kaya nutrisi phyto dan vitamin, pepaya juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung bagi penderita diabetes dan melindungi hati.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidak perlu repot-repot beli suplemen vitamin dalam kemasan. Pepaya kaya vitamin C, dan bahkan menyediakan dua kali lipat asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Ini berarti sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan makan buah ini, sehingga mampu bertahan dari semua jenis infeksi.

Melindungi Dari Radang Sendi

Pepaya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan kaya vitamin C. Jadi makan pepaya itu baik sekali untuk memperkuat tulang dan melindungi Anda terhadap arthritis atau radang sendi.

Mengurangi Stres

Hadiahi diri Anda dengan buah pepaya dalam mengakhiri hari yang panjang dan melelahkan. Pepaya membantu mengurangi stres Anda, dengan kadar vitamin C cukup tinggi yang terbukti berkhasiat menjaga produksi hormon stres agar tetap rendah.

Mengurangi Nyeri Haid

Jika Anda seorang perempuan selalu yang berjuang mengatasi nyeri haid setiap bulan, Anda memiliki alasan baru untuk memasukkan pepaya dalam diet Anda. Enzim dalam pepaya, yang disebut papain membantu mengatur dan melancarkan aliran darah saat menstruasi.

Mencegah Kanker Usus & Prostat

Menurut studi yang Harvard School of Public Health, beta karoten dalam pepaya efektif dalam menekan pertumbuhan kanker usus serta kanker prostat. Juga, antioksidan dan flavonoid dalam pepaya mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membantu mengurangi risiko kanker.

Mencegah Gejala Penuaan

Makanlah pepaya untuk melawan kerontokan rambut dan seperti yang disebutkan sebelumnya, antioksidan dan flavonoid mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membuat kulit terlihat lebih muda.

Membuat Mata Lebih Sehat

Mengandung berlimpah cyptoxanthin, zeaxanthin dan lutein serta vitamin A, pepaya mencegah degenerasi makula akibat penuaan dan melindungi mata dari kemungkinan kerusakan.