(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

IMUNISASI PENTING UNTUK ANAK

Admin dinkes | 01 Mei 2018 | 908 kali

 

Sahabat sehat, tahukah Anda bahwa imunisasi penting diberikan kepada anak? Imunisasi harus diberikan kepada anak secara lengkap untuk mengurangi risiko anak terserang penyakit terlebih di tengah persoalan yang menjadi perhatian dunia, yakni penyakit yang mudah menular. 

 Prinsip imunisasi pada dasarnya adalah memberikan kekebalan pada anak dengan cara memberikan vaksin ke dalam tubuh. Sehingga, ketika kuman penyakit memasuki tubuh, anak terlindungi karena sudah memiliki perisai/tameng. Vaksin yang diberikan yaitu secara aktif maupun pasif. Vaksin menjadi aspek strategis dalam melindungi anak-anak.

Sahabat sehat, vaksinasi harus diberikan sedini mungkin, yakni sejak umur 0 bulan. Vaksin juga harus diberikan secara berkelanjutan. Bayi begitu lahir sebelum 12 jam harus diberikan vaksin. Hingga nanti usia remaja vaksin perlu diberikan bahkan untuk orang dewasa juga diberikan, biasanya yang hendak bepergian ke luar negeri. 

Vaksinasi semakin penting diberikan di era globalisasi dimana mobilitas penduduk dunia semakin tidak terbendung. Kondisi seperti ini membawa kemungkinan penyakit yang dibawa oleh orang yang datang dari luar negeri menjadi semakin besar. Sehingga yang dapat dilakukan adalah dengan mem back up dengan vaksinasi. 

Selama ini, masih terdapat beberapa orang tua yang enggan memberikan vaksin kepada anak dengan berbagai alasan. Salah satunya, karena mereka khawatir jika setelah diberikan vaksin tersebut anak menjadi panas. Padahal hal yang dikhawatirkan itu memang efek dari vaksin. Panas pada anak tidak akan berbahaya jika dikelola dengan baik dan benar. Memang terdapat vaksin yang tidak memberikan efek panas, akan tetapi lebih mahal ( 10 %. tetap panas). 

Pemerian vaksin pada anak dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya vaksin dapat diberikan kepada anak melalui posyandu/puskesmas yang ada diseluruh Indonesia. Untuk mendapatkan vaksin yang lebih lengkap/tambahan, orang tua dapat membawa anak ke dokter spesialis anak.

Pada pasca vaksinasi juga diperlukan pemantauan untuk vaksin-vaksin tertentu. Pemantauan dilakukan melalui program kejadian ikutan pasca vaksinasi. Hal ini untuk membuat masyarakat percaya bahwa apapun vaksin itu tetap akan berguna bagi anak.

(Nizaar Ferdian – PKRS RSUP dr. Kariadi )