(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Germas, Dinkes Sasar SMPN 1 Kubutambahan

Admin dinkes | 22 September 2018 | 794 kali

BULELENG (WBO.COM) – Adanya peningkatan jumlah anak pengidap stunting di Bumi Den Bukit, disikapi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buleleng dengan menggencarkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Setelah SD Negeri 1 dan 2 Paket Agung Singaraja, sosialisasi yang disinergikan dengan kegiatan Saka Bhaktihusada Kwarcab Buleleng bertajuk ‘Bhakti SBH Untuk Sesama’ diarahkan ke siswa SMP Negeri 1 Kubutambahan.

”Kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan mengajak dan mengimbau warga masyarakat, terutama generasi muda untuk bersama melakukan gerakan masyarakat sehat,” ungkap Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Buleleng, Gede Sura Tenaya, Sabtu (22/9/2018) sore saat memantau kegiatan.

Melalui Anggota Saka Bhaktihusada binaan Dinkes Buleleng, kata Sura Tenaya, siswa dan siswi SMP Negeri 1 Kubutambahan diberikan pemahaman tentang pentingnya Germas untuk mencegah berbagai macam penyakit.

”Tidak hanya stunting, dimana pertumbuhan anak tidak sesuai umurnya, cendurung kerdil karena kurang gizi sejak dalam kandungan hingga pertumbuhan masa balita, tapi juga mencegah penyakit demam berdarah dengan gerakan 3M, pemberantasan sarang nyamuk dengan cara menguras, menutup, dan mendaurulang media tumbuh jentik nyamuk,” jelasnya. Ditandaskan, Germas merupakan upaya termudah mencegah penyakit, dengan pola hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri.

Dikonfirmasi terpisah, sejumlah siswa SMP Negeri 1 Kubutambahan mengaku senang dapat mengikuti kegiatan sosialisasi Germas yang dilakukan Dinkes Buleleng bersama Dewan Saka Bhaktihusada.

Selain mengetahui berbagai macam penyakit, seperti stunting/pertumbuhan kerdil demam berdarah, HIV/Aids dan bahaya Narkoba, sosialisasi yang dikemas dalam bentuk game/permainan juga ada hadiahnya.

”Ada hadiahnya, kalau kita benar menjawab quis/pertanyaan. Asiknya, kita diajarkan senam sehat dan makan makanan sehat, ada kue dan buahnya,” ujar Suryani dibenarkan Aryawan. Ditambahkan Ariawan, yang paling berkesan adalah peserta dibekali tips pola hidup sehat seperti cara cuci tangan yang baik. (kar)

 

http://wartabalionline.com/index.php/2018/09/22/germas-dinkes-sasar-smpn-1-kubutambahan/