(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Cara Mudah Agar Kita Tetap Sehat

Admin dinkes | 02 April 2019 | 806 kali

Kesehatan bukanlah segalanya namun tanpa sehat segalanya tidak pernah berarti

Lakukan cara mudah untuk menjadi Sehat

  1. Cek Kesehatan secara rutin
  2. Enyahkan asap rokok
  3. Rajin Aktifitas fisik
  4. Diet seimbang
  5. Istirahat yang cukup
  6. Kelola stress

Cek kesehatan secara rutin: berbeda Berbeda untuk setiap orang. Bagi orang yang belum menunjukkan gejala penyakit tertentu cek kesehatan cukup satu bulan satu kali. Bagi orang yang sudah menunjukkan gejala sakit seperti tekanan darah tinggi, Diabetes Mellitus, peningkatan kolesterol, sakit ginjal, jantung, stroke dan lain-lain penyakit Tidak menular, harus kontrol sesuai anjuran petugas kesehatan yang menangani.

Enyahkan asap rokok: Disiplin dan menyadari akan bahaya merokok, jika merokok di mulai di usia misalnya 20 tahun  dari beberapa penelitian dijelaskan akan menjadi penyakit yang sebenarnya setelah 15 sampai dua puluh lima tahun kemudian.  Rokok merupakan barang legal namun sebagai warga masyarakat yang peduli dengan kesehatan sendiri dan lingkungan maka harus memulai berhenti merokok dari diri sendiri.

Rajin aktifitas fisik:  aktifitas fisik yang dimaksud adalah melakukan gerak badan secara maksimal terhadap semua anggota gerak badan minimal dalam sehari selama 30 menit. Bisa dilakukan di pagi atau sore hari. Bekerja setiap hari seperti menyapu, mengepel, menyabit dan lain-lain kegiatan sehari-hari belum bisa dikatagorikan melakukan aktifitas fisik secara rutin.

Diet Seimbang: diet dimaksud disini bukan harus tidak makan atau mengurangi makan namun mengatur jenis dan pola makan. Tergantung dari keluhan saat pemeriksaan bagi yang sudah ada gejala penyakit lakukan anjuran petugas kesehatan. Bagi yang belum ada gejala penyakit maka perlu menjaga dengan mangatur jenis makanan seperti makan buah dan sayur yang 5 kali lebih banyak dari jumlah biasanya. Mengurangi karbohidrat atau nasi, mengurangi makan manis dengan gula murni, mengurangi garam atau asinan dan mengurangi makanan siap saji seperti mie instan dll.

Istirahat yang cukup: dalam sehari ada waktu 24 jam orang dewasa normal memerlukan waktu istirahat 6 sampai 8 jam sehari. Istirahat rebahan di sela-sela waktu kerja walaupun hanya 30 menit dalam sehari bisa dikategorikan istirahat.

Kelola stress : setiap orang mempunyai mekanisme untuk dapat menerima atau tidak dapat menerima sesuatu yang menyebabkan perubahan pola pikir sehingga menjadi stressAtau tekanan di dalam bathin.  Oleh karena itu stress harus dikelola dengan sembahyang, melantunkan gayatri mantram menurut hindu,(menurut agama lain yang sesuai kaidah agamanya) menyibukkan diri dengan aktifitas yang berguna seperti mencabuti rumput di halaman rumah sampai merasa lebih nyaman.

 Dengan hal-hal yang tertulis diatas di tambah dengan disiplin yang tulus maka kita akan menjadi sehat dan bahagia.

 

Penulis : Gede Merta., S.Kep., Ners