(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

ASI EKSLUSIF SAAT BAYI, CEGAH ALERGI

Admin dinkes | 07 Juni 2018 | 1000 kali

Sahabat sehat, pernahkah  bayi Anda mengalami gatal-gatal setelah minum susu? Reaksi gatal-gatal yang anak ibu alami ketika mengkonsumsi susu sapi, merupakan kegagalan kekebalan tubuh dimana tubuh sesorang menjadi hipersensitif terhadap bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen (bisa makanan, debu rumah, binaang seperti kecoa atau obat-obatan). 

 Reaksi yang sering muncul ketika seseorang mengalami hipersensitif. Selain gatal-gatal adalah mata merah, eksim atau serangan asma. Faktor pemicu alergi diantaranya , perubahan gaya hidup seperti hidup di apartement yang sangat tertutup, penggunaan sofa, AC sehingga mengumpulkan debu yang sangat banyak. Selain itu juga karena merokok. Dari tahun ke tahun insiden alergi meningkat sekitar 20 hingga 30 peren.

Jika alergi muncul pada usia dini dan tidak dikelola dengan baik, setelah dewasa bisa terjadi alergi disaluran pernafasan seperti asma. Perawatan alergi termasuk menghindari alergen penyebab alergi yang berbeda-beda pada setiap orang.

Alergi sendiri bisa dicegah dengan tata laksana sebagai berikut, pemberian ASI eksklusif saat bayi, menghindari paparan seperti obat-obatan. Pada anak-anak, kalau saluran cerna terserang alergi maka akan terjadi diare, yang bisa berlanjut menjadi gizi kurang atau buruk dan berbagai konsekuensi lainnya.

(Nizaar Ferdian – PKRS RSUP dr. Kariadi )