(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

PELAKSANAAN BULAN VITAMIN A DI KABUPATEN BULELENG

Admin dinkes | 10 Februari 2021 | 310 kali

Bulan Februari dan Agustus merupakan Bulan Vitamin A atau Bulan Pemberian Vitamin A pada balita. Pemberian vitamin A pada bulan Februari ini sudah dilaksanakan di seluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Buleleng seperti RS, Puskesmas, Pustu, polindes, praktek dokter/bidan swasta, dan juga posyandu. Pelaksanaan pemberian Vitamin A terkait dengan adanya pandemic Covid-19 tetap berjalan sesuai dengan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta petugas kesehatan juga menggunakan alat pelindung diri sesuai dengan standar yang ada.

 

Bulan Vitamin A ini dimaksudkan untuk mencegah kasus gizi buruk pada balita. Kurang Vitamin A pada anak biasanya terjadi pada anak yang menderita Kurang Energi Protein (KEP) atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang,termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A. Anak yang menderita kurang vitamin A mudah sekali terserang infeksi seperti infeksi saluran pernafasan akut, campak,cacar air,diare dan infeksi lain karena daya tahan anak menurun.

 

Pada bulan Vitamin A ini, anak bisa mendapatkan suplementasi vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga diberikan kepada ibu nifas.

 

Mengapa anak sangat perlu untuk mengkonsumi Vitamin A? Hal ini dikarenakan Vitamin A adalah salah satu zat gizi penting yang larut dalam lemak dan disimpan dalam hati, tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dari luar.

 

Vitamin A/retinol terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Adapun vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Sedangkan apabila anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare.

 

YUK BERI VITAMIN A UNTUK ANAK KITA DENGAN DATANG KE FASILITAS KESEHATAN!!!