(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Waspada DBD di Musim Penghujan!

Admin dinkes | 16 Januari 2024 | 325 kali

Selasa (16/1/2023), Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (Gede Artamawan.SKM.MAP) menjadi narasumber dalam dialog interaktif OBRAS Radio Nuansa Giri FM terkait topik waspada DBD di musim penghujan.

Kini sebagian besar Kabupaten/Kota di Bali sudah memasuki musim penghujan. Salah satu penyakit yang muncul saat musim hujan yaitu Demam berdarah. Hal ini karena pada musim tersebut, nyamuk Aedes aegypti lebih banyak berkembang biak. Pada tahun 2023, dari 829 kasus DBD yang ditangani di Buleleng, semua pasien dinyatakan sembuh.

 

Kepala Bidang P2P menyampaikan bahwa dalam menangani kasus ini, jumantik  yang memainkan peran kunci dalam keberhasilan pengendalian DBD. Upaya pencegahan semakin dimaksimalkan melalui gerakan 1 rumah 1 jumantik yang mendorong setiap keluarga untuk mencegah keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti dari lingkungan mereka sendiri. Peran jumantik tidak hanya terbatas di rumah-rumah masyarakat, tetapi juga diperluas ke perkantoran dan fasilitas umum. “Kami ingin memantau jentik nyamuk di seluruh Kabupaten Buleleng untuk menciptakan lingkungan bebas DBD”, imbuhnya.

Tindakan preventif juga ditekankan melalui kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan pendekatan 3M plus. Pendekatan ini melibatkan menguras dan menutup tempat penampungan air, serta mendaur ulang barang-barang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap seminggu sekali.