(0362) 21789
dinkes@bulelengkab.go.id
Dinas Kesehatan

Kadiskes Buleleng Hadiri Pertemuan Bali Project Advisory Committee (BPAC)

Admin dinkes | 13 September 2023 | 113 kali

Rabu (13/09/2023) Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (dr.Sucipto,S.Ked.,M.AP) didampingi Staff P2P Pengelola Program DBD hadir dalam Pertemuan kedua Bali Project Advisory Committee (BPAC) bertempat di Prime Plaza Hotel Denpasar.

Dalam pertemuan dibahas terkait perkembangan implementasi Metode Wolbachia di Buleleng, dimana sebanyak 25.336 masyarakat sudah diberdayakan di Kabupaten Buleleng baik dari pelatihan Kader dan  Pengelola Program di Puskesmas, Sensing, melalui Door to Door, dan melalui Event. Pada Bulan Januari-Februari 2023 telah di lakukan Kegiatan Sosialisasi di Buleleng. Pada Bulan Maret-April 2023 Telah di lakukan Koordinasi dengan pemangku kepentingan setempat untuk mendapatkan persetujuan pelibatan Puskesmas/Kader/Desa/Banjar. Pada bulan Mei-Juni 2023 KRM telah dilakukan di Buleleng, Kantor WMP di Buleleng Resmi di Buka, Tes Kualitas air dan  menjaring nyamuk telak dilakukan di Buleleng, Sosialisasi metode Wolbachia mulai dikolaborasikan dengan event di pemerintah dan masyarakat. Pada Bulan Juli-September 2023 telah dilakukan Sensing di setiap Desa mulai dilaksanakan, Sosialisasi Wolbachia bersama anak dengan dissabilitas di Buleleng, Sosialisasi Wolbachia bersama anak dengan disabilitas di Buleleng, Sosialisasi di Buleleng Development Festival (BDF), Pelatihan Kader untuk Identifikasi rumah orang tua asuh nyamuk dan soft release, sosialisasi 2.900 mahasiswa Undiksha.

Rencana Penyebaran Nyamuk Ber-Wolbachia di Buleleng 84-89% KK seuai target sudah siap untuk menjadi orang tua asuh nyamuk di Kelurahan Kaliuntu dan Banjar Jawa. Penyebaran Skala Kecil 199 Titik di Kelurahan Kaliuntu dan 147 titik di Banjar Jawa, dennga populasi Kaliuntu 5983 Jiwa, Banjar Jawa 4359 Jiwa.

Turut hadir anggota DPR RI Komisi IX dari Daerah Pemilihan Bali Bapak Ketut Kariyasa Adnyana, Kepala Dinas Kesehatan  Kota Denpasar, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Cq. Kepala Bagian Laboratorium Parasitologi, WMP, Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT)-Australia Government, Gilespie Family Foundation.


Salam SEHAT (Santun, Empati, Handal, Adil, Tanggungjawab)