Penilaian Lomba PKTP Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2019 di SD Negeri 1 Pancasari

  • Admin Dinkes
  • 29 Agustus 2019
  • Dibaca: 62 Pengunjung

Untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian yang disebabkan penyakit kanker serta untuk meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit melalui peningkatan peran serta masyarakat perlu kiranya dirancang suatu program penanggulangan kanker secara menyeluruh yang dilaksanakan oleh semua potensi yang ada, baik pemerintah bersama masyarakat termasuk swasta. Secara lintas program dan lintas sektoral melalui keempat aspek penanggulangan kanker yaitu : pencegahan primer, deteksi dini dan pengobatan.

Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan salah satunya menyasar anak-anak sekolah untuk mengenali ancaman sekitar melalui deteksi dini yang menjadi pemicu kanker. Pemerintah Kabupaten  Buleleng melalui Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Beleleng terus berupaya menanggulangi penyebaran penyakit kanker. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggelar lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat sekolah se-Buleleng. Lomba PKTP melalui sekolah ini bertujuan untuk memberikan informasi dan  pemahaman sejak dini tentang bahaya dan pencegahan kanker kepada anak didik.

Rabu (28/08/2019) Tim Pembina PKTP Kabupaten melakukan Penilaian Lomba PKTP ke SD Negeri 1 Pancasari. Acara dibuka langsung dengan laporan panitia oleh Kepala Sekolah SD Negeri 1 Pancasari dilanjutkan dengan sambutan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Buleleng. Turut hadir pada kegiatan ini dari Camat Sukasada, Tim Pembina PKTP Kecamatan, Tim Pembina PKTP Kabupaten, TP PKK , Ikatan Bidan, dan Puskesmas Sukasada II. Dijelaskan, Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) adalah program penanggulangan penyakit kanker menyeluruh yang dilaksanakan oleh semua potensi yang ada, baik pemerintah bersama masyarakat termasuk swasta melalui empat aspek penanggulangan kanker yaitu pencegahan primer, deteksi dini, pengobatan, paliatif/bebas nyeri secara multi disipliner.  Ada beberapa kriteria yang dinilai dalam lomba ini meliputi pengorganisasian dan administrasi, kelompok koor, kelompok simulasi, kelompok pelajar peduli kanker ( kp2k ), perilaku guru, perilaku anak murid, keadaan kantin, kamar mandi dan lingkungan koordinator, tanaman obat sekolah ( tos ), dan Kawan Tanpa Rokok. Adapun acara kegiatan Lomba PKTP tingkat Kabupaten Buleleng dimulai dari 23 Agustus s/d 30 Agustus 2019

Share Post :