Pencegahan Dini Corona , Pemkab Buleleng Laksanakan Penyemprotan Desinfektan Serentak

  • Admin Dinkes
  • 16 Maret 2020
  • Dibaca: 1127 Pengunjung

 

Upaya mencegah penyebaran Novel Coronavirus (COVID-19) melalui penyemprotan desinfektan dilakukan secara serentak dan massif oleh seluruh komponen masyarakat di Bali, pada Minggu (15/3/2020), hal ini juga ditindaklanjuti oleh Pemkab Buleleng. Tidak hanya oleh aparat pemerintahan daerah dan TNI/Polri pada gedung – gedung pemerintahan, seruan Gubernur Bali untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 ini, juga dilakukan eksponen pariwisata dengan menyasar destinasi/tempat tujuan wisata di Kabupaten Buleleng.

Penyemprotan dilakukan langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST dan Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG di areal Kantor Bupati Buleleng dan Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, SH di areal Kantor Bupati dan Kantor DPRD Buleleng. Beberapa pimpinan SKPD juga bergerak di gedung-gedung pemerintahan Kabupaten Buleleng termasuk Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Buleleng, Putu Karuna, SH bersama dengan  FKPD Kabupaten Buleleng dan juga beberapa Anggota DPRD Kabupaten Buleleng di beberapa ruang – ruang publik seperti Gedung Laksmi Graha, Pantai Binaria, Gedung Imaco dan sejumlah tempat umum lainnya. secara serentak. Nantinya pihak terkait salah satunya dalam hal ini Dinas Kesehatan beserta 20 Puskesmas di wilayah Kabupaten Buleleng juga akan melakukan hal yang sama di tempat keramaian, gedung serbaguna, tempat ibadah, hingga ke sekolah-sekolah

Dalam proses penyemprotan ini bahan kimia yang digunakan dalam desinfektan yakni berbahan dasar hydrogen peroksida. Bahan ini berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus di udara. Pengaplikasian alat penyemprotan tersebut tentu harus sesuai dengan standar operasional dan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti kacamata (google), masker dan pakaian lengan panjang untuk mengurangi paparan chemical nya. Ruangan yang sudah  disemprot harus di sterilkan kurang lebih 5-10 menit agar virus benar-benar terpapar.

Penyemprotan desinfektan secara serentak diseluruh kantor pemerintahan dilakukan sebagai memotivasi kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Buleleng agar tidak panik dalam menyikapi virus corona, namun tetap waspada dengan melakukan upaya pencegahan secara dini. Antara lain dengan melakukan penyemprotan desinfektan pada tempat kerja maupun rumah dan penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah penyebaran virus corona.

Share Post :