Pencanangan Vaksinasi HPV dan Penyerahan Hadiah Lomba PKTP Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2019

  • Admin Dinkes
  • 20 September 2019
  • Dibaca: 166 Pengunjung

Kanker serviks adalah salah satu penyakit kanker pada wanita yang dapat dicegah dengan pemberian imunisasi. Penyebab kanker serviks adalah Human Papilloma Virus yang memiliki beragam type. Pemberian vaksinasi HPV saat ini adalah usaha pencegahan yang dapat dilakukan dalam rangka menurunkan kejadian kanker serviks. Program Penanggulangan Kanker yang berkelanjutan dan terpadu sangat penting dilakukan, Yayasan Kanker Indonesia Cabang Buleleng dengan berkoordinasi bersama stakeholder terkait akan berusaha meningkatkan penyediaan vaksinasi HPV dan menjalankan kegiatan penanggulangan kanker melalui penyuluhan dan promosi terkait kanker serta meningkatkan cakupan pemeriksaan IVA di kalangan wanita pasangan usia subur.

Pada hari Jumat, 20 September 2019 bertempat di SMP Negeri 3 Singaraja, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng melakukan pemberian Vaksin HPV sebagai sasaran yang dipilih adalah siswi dari SMPN 3 Singaraja yakni sebanyak 167 orang. Pemilihan siswa perempuan dari SMP Negeri 3 Singaraja tersebut adalah sebagai penghargaan atas partisipasi mengikuti lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna  (PKTP) tingkat Provinsi Bali di Tahun 2019 ini mewakili Kabupaten Buleleng. Acara yang dibuka oleh Kepala Bidang P2P dr. Gede Suaryawan tersebut dihadiri juga oleh undangan-undangan antara lain Ketua YKI Cabang Buleleng yang diwakili oleh Ny. Ari Yuniasih Mahapramana, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Tim Pembina PKTP Kabupaten Buleleng,  serta Kepala Sekolah peserta Lomba PKTP

Selain SMP negeri 3 Singaraja pemberian Vaksin HPV juga diberikan kepada peserta Lomba PKTP lainnya secara bertahap sesuai jadwal di masing – masing sekolah dimana ditargetkan sebanyak 1.031 siswi akan menerima Vaksin HPV. Disamping pemberian Vaksin HPV, juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba PKTP Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2019 yang telah dilaksanakan dari tanggal 23 Agustus s/d 3 September 2019 dengan rincian pemenang sebagai berikut untuk Tingkat SMP Juara 1 diperoleh SMP Negeri 3 Singaraja, Juara 2 diperoleh SMP Negeri 2 Sukasada dan Juara 3 diperoleh SMPK Santo Paulus Singaraja, sedangkan untuk tingkat SD Juara 1 diperoleh SD Negeri 8 Sangsit, Juara 2 SD Negeri 5 Les dan Juara 3 SD Negeri 1 Pancasari. Juara 1  Lomba pada Tingkat SD dan SMP akan mewakili Kabupaten Buleleng untuk Tingkat Provinsi Bali yang akan dinilai pada 25 September 2019 nanti.

Share Post :