Menyasar nilai A, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng Mengikuti Penilaian Sistem Kinerja Secara Virtual

  • Admin Dinkes
  • 24 Agustus 2020
  • Dibaca: 149 Pengunjung

 

 

 

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas untuk menciptakan pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah. Secara umum SAKIP dilaksanakan sebagai upaya untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan kinerja pemerintahan terutama di daerah.

Untuk memastikan kehandalan sistem kinerja perangkat daerah, maka Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi secara berkala melakukan penilaian terhadap SAKIP Kabupaten Buleleng. Tujuan dari evaluasi SAKIP ini adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil  (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang berorientasi kepada hasil.

Pada Tahun 2018, hasil evaluasi SAKIP Kabupaten Buleleng memperoleh nilai sebesar  68, 97. Kemudian di tahun 2019 meningkat menjadi 69,02 dengan peringkat B, dengan komponen yang dinilai: 1. Perencanaan Kinerja, 2. Pengukuran Kinerja, 3. Pelaporan Kinerja, 4. Evaluasi Intenal dan 5. Capaian Kinerja. Untuk memperoleh nila A, Pada tahun 2020 telah dipersiapkan berbagai kegiatan dan inovasi yang dipergunakan untuk menghadapi permasalahan dan tantangan yang ada. Salah satunya adalah inovasi / terobosan-terobosan yang dilakukan untuk menanggulangi dan mengatasi penyebaran COVID19.

Terkait kondisi pandemi COVID19, maka penilaian SAKIP dilakukan secara virtual yang dihadiri oleh Bupati Buleleng, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Inspektur Kabupaten Buleleng, serta seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Buleleng.

Pada akhirnya diharapkan kegiatan-kegiatan dan inovasi tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan serta menciptakan sistem kinerja yang lebih baik bagi masyarakat.

Share Post :