PENYAKIT REUMATIK

  • Admin Dinkes
  • 22 November 2019
  • Dibaca: 90 Pengunjung

Apakah Anda sering merasakan nyeri atau kaku pada sendi atau tulang belakang, sulit mengalami kesulitan saat menggunakan pakaian?. Segeralah berkonsultasi ke dokter karena mungkin saja anda terkena penyakit reumatik.

Dr. Sumartini Dewi, dr. Sp.PD-KR,M.kes, CCD, FINASIM dari Divisi Reumatologi KSM Ilmu Penyakit Dalam RSHS mengungkapkan bahwa di dunia ini terdapat lebih dari 150 jenis penyakit Reumatik. Sebagian besar penyakit reumatik tidak mengancam jiwa namun beberapa penyakit reumatik juga dapat mempengaruhi organ-organ dalam.
 
Penyakit reumatik telah lama dikenal di masyarakat. Penyakit yang disertai bengkak, kemerahan, gangguan fungsi sendi, kaku otot dan sendi ini dapat menyerang berbagai lapisan masyarakat dan berbagai tingkatan usia. Penyakit ini juga dapat menyerang pria atau wanita dan menimbulkan nyeri dari ringan sampai berat. 

 Ada beberapa jenis penyakit reumatik yaitu Osteoarthritis, SLE, Rhematoid Arthritis, Gouthy Arthritis,  triger finger, Sistemik Sklerosis dan lain-lain. Penyebab penyakit reumatik diantaranya adalah proses penuaan karena faktor usia, trauma/ benturan berulang, endapan kristal dalam sendi, infeksi (bakteri/virus), gangguan kekebalan tubuh (autoimun), penyakit metabolik, penyakit keturunan dan kehamilan.

 

sumber : http://www.yankes.kemkes.go.id/read-penyakit-reumatik-8245.html

Share Post :