Gak Bikin Kantong Bolong, Ini 7 Manfaat Penting Olahraga Lari Bagi Kesehatan

  • Admin Dinkes
  • 24 Juni 2019
  • Dibaca: 204 Pengunjung

Menjalani hidup sehat memang penting. Bukan hanya sebagai gaya hidup, hidup sehat sepatutnya menjadi keharusan. Sebab jika bicara hidup, bukan saja bertanggung jawab pada diri sendiri, tetapi juga pada orang-orang di sekitar kita. Khususnya pada orang-orang terdekat yang kita sayangi, keluarga misalnya.

Sebagai individu, kita menjalani hidup di sebuah sistem sosial yang suka maupun tidak, eksistensi kita memiliki peran satu sama lain. Sebagai keluarga misalnya, kita bertanggung jawab untuk menjaga eksistensi agar dapat menjaga keutuhan dan memenuhi kebutuhan keluarga. Oleh karenanya gaya hidup sehat tidak boleh kita kesampingkan.

Menjaga pola makan, melakukan olahraga secara rutin, adalah cara mudah untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Ada banyak jenis olahraga yang dapat kita lakukan tanpa harus repot, berlari misalnya.

Olahraga lari dikatakan adalah olahraga yang paling mudah serta murah untuk dilakukan, namun memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita.

Olahraga ini termasuk dalam kategori olahraga kardiovaskular yang sempurna. Di mana kita bisa bisa membakar banyak lemak, paru-paru dipaksa menghirup banyak udara, otot-otot jantung terlatih, bahkan dapat menyingkirkan stres serta depresi yang dialami.

Berikut ini manfaat-manfaat kesehatan dari olahraga lari yang kita dapat:

  1. Menurunkan berat badan. Olahraga lari adalah cara tercepat untuk membakar kalori. Jika dilakukan secara rutin, niscaya berat badan turun secara cepat. Dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit yang disebabkan oleh obesitas, seperti hipertensi, diabetes, jantung, dan lain sebagainya
  2. Kesehatan jantung. Sirkulasi darah menjadi lancar. Ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.
  3. Meningkatkan kinerja otak. Sirkulasi darah yang baik saat berlari akan membantu oksigen masuk ke dalam jaringan tubh kita, termasuk pada otak. Pasokan oksigen yang berlimpah akan menyehatkan otak, serta membantu kita untuk meningkatkan konsentrasi.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh. Terbukti dalam sebuah penelitian bahwa olahraga lari yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan ketahanan tubuh. Kita akan terhindari dari alergi, batuk, juga flu.
  5. Koordinasi tubuh yang baik. Saat berlari, maka sistem koordinasi tubuh kita akan terlatih. Misalnya tangan dan mata, atau kaki dan mata, serta lainnya.
  6. Mengatasi depresi. Saat Anda berlari, maka sistem pernafasan akan bekerja maksimal menerima dan mengeluarkan udara. hal tersebut membantu menyingkirkan stres dalam tubuh.
  7. Tidur menjadi lebih berkualitas. Setelah berlari, otot tubuh kita akan merasa lelah dan pada saat yang sama akan mengirimkan sinyal ke otak untuk diistirahatkan. Dengan kata lain, olahraga lari cocok untuk dijadikan terapi bagi yang mengalami gangguan tidur.

Nah, itulah tujuh manfaat yang kita dapat ketika kita rutin melakukan olahraga lari. Selain ketujuh manfaat tersebut masih banyak manfaat olahraga tersebut yang akan kita dapatkan. Dan karena olahraga ini dikatakan yang paling murah dan mudah, rutin berlari tidak akan bikin kantong kita ‘bolong’. Jadi mari mulai berlari secara rutin.

Share Post :